Buku 100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah Diluncurkan, Ini Kata MPR

Reyhan Diandri - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 12:27 WIB
Maruf Cahyono
Foto: MPR
Jakarta -

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menghadiri peluncuran buku '100 Tokoh Inspirasi Jawa Tengah' karya Bambang Sadono. Ia menuturkan, buku tersebut tidak hanya satu produk cetakan yang yang akan dibagikan tetapi buku yang diluncurkan oleh Bambang Sadono ini bisa menjadi inspirasi bagi siapapun dan memiliki nilai strategis dalam rangka mengawal nilai-nilai Pancasila serta merawat ke-Indonesiaan.

"Ini yang menjadi semangat untuk membangun persatuan," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Senin (2/3/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan dari seratus tokoh itu bisa dilihat testimoni sukses dari masing-masing tokoh yang memiliki prinsip hidup.

"Hal itu memiliki hubungan sangat kuat dengan nilai-nilai ideologi Pancasila karena tokoh adalah leader yang memiliki prinsip-prinsip kepemimpinan, yang sesuai dengan makna yang terkandung dalam Empat Pilar MPR RI," tuturnya.

Di akhir acara, Ma'ruf bersama Bambang Sadono secara simbolis membagikan beberapa buku kepada beberapa pelajar yang hadir pada acara tersebut, lalu dilanjutkan dengan penampilan beragam seni budaya seperti Bambangan Cakil Anak Kembar dan Sendratari Sumpah Setiyaki.

Sebagai informasi, acara peluncuran tersebut diselenggarakan di Hotel Semesta, Semarang, pada Minggu, 1 Maret 2020. Acara diawali dengan penampilan tari Sekarningrat mulai pukul 13.00 WIB dan dihadiri tidak hanya oleh Ma'ruf, namun juga oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Bupati Semarang Mundjirin, anggota MPR RI Novita Wijayanti (Fraksi Gerindra), A. Mujib Rohmat (Fraksi Golkar), Moh. Toha (Fraksi PKB), Arwani Tomafi (Fraksi PPP), Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah, dan para tokoh daerah dari Jawa Tengah.

(mul/mpr)