Karhutla di Dumai Padam, Satgas Lakukan Pendinginan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 13:29 WIB
Satgas Karhutla dan Manggala Angni melakukan pemadaman karhutla di Dumai, Riau (dok. Istimewa)
Satgas Karhutla dan Manggala Angni melakukan pemadaman karhutla di Dumai, Riau. (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Manggala Agni masih menangani kebakaran lahan di Kota Dumai, Riau. Petugas sedang melakukan pendinginan sebagai upaya mencegah api menyala kembali.

"Hari ini tim Manggala Agni bersama tim Satgas Karhutla masih melanjutkan upaya pemadaman di lokasi di Dumai. Kami masih melakukan proses pendinginan," kata Kepala Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Ismail Hasibuan kepada detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Ismail menjelaskan proses pendinginan dilakukan di Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Kawasan gambut ini sudah beberapa hari dilakukan pemadaman.

"Proses pendinginan kami lakukan agar bara api di lahan gambut tidak membara lagi. Di lokasi api di permukaan sudah bisa dipadamkan," kata Ismail.

Satgas Karhutla dan Manggala Angni melakukan pemadaman karhutla di Dumai, Riau. (Foto: dok. Istimewa)

Walau api di permukaan sudah padam, sambung Ismail, asap masih keluar dari dalam perut bumi. Bara api di bawah permukaan inilah yang lagi dalam proses pendinginan dengan tetap menyemprotkan air.

"Bersama tim satgas, kami berupaya melakukan pendinginan saat ini. Kami tetap berdoa semoga saja ada turun hujan di lokasi agar clear semuanya," kata Ismil.

Untuk di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, yang sudah sepekan terbakar, kondisinya kini juga proses pendinginan. Tim Satgas tetap berusaha melakukan pemadaman sisa bara api di bawah permukaan gambut.

"Di Kecamatan Rupat, tim Manggala Agni bersama Satgas lagi proses pendinginan," tutup Ismail.

Tonton video Karhutla di Bengkalis Riau, Sepekan Api Tak Kunjung Padam:

[Gambas:Video 20detik]

(cha/jbr)