Umroh Disetop Sementara, Begini Suasana Ibadah di Arab Saudi

Hasrul Nawir - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 20:26 WIB
Suasana di Saudi saat diberlakukan penghentian umroh sementara (dok. Istimewa)
Suasana di Saudi saat diberlakukan penghentian umroh sementara (Foto: dok. Istimewa)
Sidrap -

Suasana di Arab Saudi masih normal pascapenutupan kunjungan turis. Hanya, aktivitas di Kota Madinah tidak seramai biasanya.

"Masih normal, tapi tidak seperti biasanya karena di Kota Madinah agak sepi. Tadi sudah ziarah di Madinah dan sekarang sudah ada di Mekah. Kita juga sudah ziarah di Masjid Nabawi dan melakukan pengajian di pelataran masjid," kata Direktur Utama PT Annur Maarif, Bunyamin Yapid, saat dihubungi detikcom, Jumat (28/2/2020).

Bunyamin mengaku keberangkatannya menemani jemaah umroh ke Arab Saudi berjalan sukses lantaran berangkat sebelum penutupan kunjungan diberlakukan. Dia mendapat informasi penutupan kunjungan hanya akan berlangsung selama beberapa hari.

"Kemarin berangkat pukul 07.00 Wita. Alhamdulillah 180 jemaah An-Nur tiba di Madinah dan diizinkan masuk Madinah dalam keadaan normal seperti biasa. Namun ada jemaah lain yang transit semua dipulangkan," bebernya.

"Terlalu banyak hoax yang berkembang, karena info awal di sini dari muasasah visa hanya sampai 13 Maret," ungkapnya.

Suasana di Saudi saat diberlakukan penghentian umroh sementara (Foto: dok. Istimewa)

Dia juga mengaku pihaknya telah menghentikan layanan visa untuk calon jemaah umroh sementara waktu menyusul kebijakan dari pemerintah Arab Saudi tersebut.

"Layanan visa kita hentikan dulu. Jadi kita minta jemaah bersabar. Sebab, ini adalah kebijakan Arab Saudi karena virus Corona," jelasnya.

Sebelumnya, Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus Corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umroh, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

"Menghentikan sementara warga negara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan mengunjungi Mesjid Nabawi," demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi yang diterima detikcom setelah diterjemahkan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel, Kamis (27/2).

(jbr/jbr)