Antisipasi Corona di Pelabuhan, Kemenhub Gelar Edukasi Pencegahan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 15:27 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Keberadaan virus corona atau COVID-19 yang tengah merebak dan menjadi perhatian masyarakat dunia saat ini harus terus diwaspadai oleh berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Sosialisasi dan antisipasi penyebaran perlu dilakukan.

Menilik hal ini, Kementerian Perhubungan melalui Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) melakukan aksi peduli pencegahan virus corona dengan menggelar roadshow di tiga pelabuhan wilayah Jakarta Utara.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai bukti nyata bahwa Ditjen Perhubungan Laut khususnya BKKP sangat peduli terhadap pencegahan virus corona di mana pelabuhan menjadi salah satu jalur masuk manusia dan barang ke suatu negara," ujar Kepala BKKP Hesti Ekawati dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2/2020).

Hesti menjelaskan sosialisasi tersebut dilakukan dengan memberikan edukasi gerakan cuci tangan yang benar, pemakaian masker yang tepat serta etika ketika batuk kepada para awak kapal, penumpang kapal, PKBM dan pegawai yang bertugas di lapangan.

Pihaknya berharap masyarakat dapat lebih menyadari akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyakit masuk ke tubuh, termasuk terhadap infeksi Virus Corona yang mematikan.

Diketahui hal itu dilakukan sebagai upaya tindak lanjut atas Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor SE. 5 Tahun 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Wilayah Pelabuhan, BKKP bersama dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa serta Kantor KSOP Kelas IV Marunda.

Sebelumnya, Kemenhub juga menggelar sosialisasi serupa kepada pegawai Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut di Kantor Pangkalan Penjagaan Laut an Pantai (PLP) Tanjung Priok dan Peserta Diklat di Seaman Jaya Cirebon.

Simak Video "Corona di Korea Selatan: 2.022 Terinfeksi, 13 Tewas"

[Gambas:Video 20detik]

(akn/ega)