Soal Pengganti Irjen Antam yang Akan Mundur dari Polri, Ini Kriterianya

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 08:07 WIB
Waka Bareskrim Irjen Antam Novambar
Foto: Wakabreskrim Irjen Antam Novambar (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakabareskrim Polri Irjen Antam Novambar akan mundur dari jabatannya saat ini, usai dilantik menjadi Plt Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Polri pun menjelaskan kriteria jenderal yang ideal untuk mengisi jabatan yang dilepas Antam.

"Itu kan jabatan strategis, top manager, yang jelas diutamakan orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang reserse, itu diutamakan," kata Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Binkar) SSDM Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, kepada detikcom, Kamis (27/2/2020) malam.

Dedi menuturkan bironya memiliki sistem pencarian kandidat. Nantinya sistem akan memilah sosok-sosok jenderal yang memiliki track record baik di bidang reserse dan menyerahkan hasilnya ke Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

"Kami kan punya sistem pencarian kandidat , sistem itu akan menunjukkan siapa-siapa saja (jenderal) bintang 1 maupun bintang 2 yang memenuhi persyaratan kompetensi di bidang reserse. Itu yang nanti dalam sidang Wanjakti, itu akan ditentukan siapa yang di situ," jelas Dedi.

Dedi menerangkan lebih lanjut, rekam jejak jadi salah satu dasar sistem di bironya dalam memilah kandidat. Dedi memberi contoh misalnya sistem akan memilih jenderal yang rekam jejaknya dari perwira pertama hingga perwira tinggi pernah berkecimpung di dunia reserse.

"Kompetensi diukur dari rekam jejaknya. Misalnya dia Pama di reserse, Pamennya di reserse, pernah menjabat Dir. Patinya misalnya juga di situ, berarti potensi dia untuk bisa menduduki jabatan Wakabareskrim, sesuai dengan kompetensinya, peluangnya di situ lebih besar," terang Dedi.

Namun Dedi kembali menekankan keputusan akhir siapa yang layak ditempatkan pada jabatan Wakabareskrim ada di tangan Wanjakti. "Keputusan tetap keputusan Wanjakti, dengan berbagai macam pertimbangan. (Jabatan Wakabareskrim) itu terbuka untuk bintang 1 dan bintang 2," tutur dia.

Simak Video "Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Tak Perlu Mundur dari Polri"

Selanjutnya
Halaman
1 2