Round-Up

Indonesia Tak Menyerah Usai Arab Saudi Larang Umroh

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 06:06 WIB
Ilustrasi masjid nabawi madinah
Ilustrasi Masjid Nabawi Madinah. (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara warga negara asing. termasuk Indonesia masuk ke wilayah Kerajaan dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi guna mencegah masuknya virus Corona. Meski demikian, pemerintah RI tak menyerah melakukan komunikasi.

Dilansir AFP, Kamis (27/2/2020), pengumuman penundaan visa kunjungan umroh ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri lewat keterangan resmi.

"Pemerintah menunda sementara kunjungan umroh ke Masjid Nabawi di wilayah Kerajaan," demikian kata Kementerian Luar Negeri.



Saudi juga menunda visa-visa untuk kunjungan turis dari negara-negara yang terjangkit corona. Di pusat wabah, Wuhan China, jumlah kasus baru dilaporkan telah menurun. Namun demikian, ada peningkatan kasus corona di wilayah Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Iran telah mengumumkan kawasan wabah corona, usai 15 warganya terjangkit virus itu. Kuwait dan Bahrain, dua Negara Teluk, juga mengumumkan kasus tambahan COVID-19 pada pekan ini.

Larangan sementara ibadah umroh ini berdampak pada jemaah RI yang sudah siap terbang ke Saudi. Di Jakarta, sejumlah jemaah menumpuk karena tertahan tak bisa diberangkatkan umroh. WNI jemaah umroh juga ada yang harus transit dulu di Malaysia dan Singapura. Mereka harap-harap cemas gagal berangkat ke Saudi.



Jemaah di Jakarta mengatakan tidak ada pembatalan umroh yang dilakukan oleh pihak travel perjalanannya. Jemaah diminta bersabar untuk pengaturan ulang keberangkatan ke Saudi.

Selanjutnya
Halaman
1 2