RK Tak Hadiri Rapat soal Banjir di DPR, Wagub Jabar: Alasannya Kuat

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 02:28 WIB
Sebanyak 9 pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih telah dilantik di Istana Negara pagi tadi. Ini sosok mereka.
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Ketidakhadiran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam rapat dengar pendapat (RDP) dikritik sejumlah anggota DPR. Wakil Gubernur Jawa Barat Ruzhanul Ulum atau yang akrab disapa Uu menyebut kehadiran Ridwan Kamil telah diwakilkan.

"Ketidakhadiran beliau tetapi kan ada yang mewakili, di saat yang mewakili itu adalah kehadiran Pemerintah Provinsi (Jawa Barat). Oleh karena itu, harapan kami tidak usah dipermasalahkan semacam itu," ujar Uu di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (27/2/2020).

Diketahui, Ridwan bertolak ke Australia pada Jumat (21/2). Salah satu agenda Emil adalah meresmikan Jabarano Cafe di Australia, Senin (24/2) petang waktu setempat.

"Yang penting beliau tidak hadir pun memiliki alasan yang kuat, yaitu ada kegiatan di mana kegiatan itu adalah untuk kemajuan Jawa Barat itu sendiri. Beliau tidak mungkin tidak hadir dengan alasan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kami sebagai wakil memiliki tanggung jawab di saat beliau tidak ada itu sudah kami sampaikan," lanjutnya.

Uu menyebut segala hal tidak bisa dibebankan kepada Ridwan Kamil. Menurutnya, beban itu dapat dibagikan kepada sejumlah tupoksi, termasuk ke dirinya sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat.

"Tupoksi itu ada pembagiannya artinya tidak semua dibebankan kepada Pak Gubernur, tetapi ada beban-beban yang diberikan, antara lain kepada kami, wakil gubernur, kepada Sekda, kemudian kepada dinas, jadi pemerintahan ini tidak one man show, tapi kolektif kekuatan bekerjanya kolektif," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2