Tanggapan Wagub Jabar soal Jebolnya Anak Sungai Citarum di Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 01:22 WIB
Tanggul di Sungai Bungin jebol, 1 desa di Muara Gembong Bekasi terendam banjir
Foto: Tanggul di Sungai Bungin jebol, 1 desa di Muara Gembong Bekasi terendam banjir (dok.istimewa)
Jakarta -

Pemprov Jawa Barat angkat bicara terkait jebolnya tanggul anak Sungai Citarum yang merendam satu desa di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Wakil Gubernur Jawa Barat Ruzhanul Ulum atau Uu meminta BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane) berkoordinasi dengan Pemda setempat terkait penanganan tanggul jebol ini.

"Harapan kami BBWSCC harus koordinasi dengan Pemda," kata Uu ketika meninjau lokasi banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (27/2/2020).

Uu menuding BBWSCC sering melakukan pembangunan tanpa koordinasi dengan Pemda setempat. Ia berharap BBWSCC mengedepankan koordinasi sehingga tidak ada lagi bencana-bencana yang timbul akibat miskomunikasi.

"Pengalaman kami di Tasikmalaya, BBWSCC itu membangun tanpa ada koordinasi sehingga kadang apa yang dibangun tidak sesuai dengan harapan kami. Jadi kami mau ke depannya (berharap) ada koordinasi BBWSCC bersama kami," ujar Uu.

Uu mengatakan Pemprov Jabar telah melakukan pembicaraan dengan pihak BBWSCC. Menurutnya, sungai-sungai yang berada di Kota dan Kabupaten Bekasi merupakan 'tanggung jawab' BBWSCC dan Pemprov Jabar.

"Kita berbicara dengan BBWSCC bukan hanya Pemprov. Karena air sungai sungai besar yang melewati kabupaten kota (Bekasi) itu yang menangani kan BBWSCC termasuk kami (Pemprov)," ungkap Uu.

Selanjutnya
Halaman
1 2