Mahasiswa Jember Datangi MPR, Perdalam Wawasan Lembaga Negara

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 21:52 WIB
mpr
Foto: Dok MPR
Jakarta -

Sebanyak 35 mahasiswa dan 4 dosen pembimbing dari FISIP Universitas Islam Jember menyambangi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Rombongan ingin memperdalam wawasan pengetahuan tentang tugas dan wewenang lembaga negara, khususnya MPR, dengan menimba langsung dari sumbernya.

"Harapan kami adalah dari kunjungan ini, para mahasiswa bisa semakin memahami ilmu-ilmu yang diberikan di bangku kuliah. Bahkan bisa membuat gagasan baru yang baik selepas dari kegiatan ini," ujar Abdul Latif selaku pimpinan rombongan, Kamis (27/2/2020).

Plt. Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga, dan Layanan Informasi Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Budi Muliawan mengatakan, sebagai rumah rakyat, MPR sangat terbuka dalam menerima kunjungan dari masyarakat.

"Saya harap adik-adik mahasiswa jangan malu-malu dan jangan tegang-tegang. Sebab MPR ini rumah kita semua. Sampaikan saja, apa yang mau kalian sampaikan atau tanyakan tentang MPR ini," ujarnya.

Budi Muliawan di kesempatan tersebut memberikan paparan materi tentang parlemen. Dikatakannya, di lingkungan Parlemen ada tiga lembaga negara yakni MPR, DPR, dan DPD. Untuk keanggotaan, MPR memiliki 711 anggota yang terdiri dari 575 orang anggota DPR dan 136 orang anggota DPD.

"Sedangkan tugas dan kewenangan MPR adalah antara lain melantik Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum, mengubah dan menetapkan UUD, memberhentikan Presiden dan atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya sesuai dengan ketentuan di dalam UUD," tambahnya.

Ada satu kewenangan MPR, menurut Budi, yang sangat penting dan sangat istimewa yakni kewenangan mengubah dan menetapkan UUD. Begitu istimewa, karena UUD atau konstitusi adalah sumber hukum tertinggi negara Indonesia yang menjadi panduan seluruh rakyat Indonesia dalam bertindak dan berperilaku.

Hal lainnya yang disampaikan adalah seputar Sosialisasi Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. MPR, kata Budi, melakukan sosialisasi dalam berbagai metode yang pas dan mudah diterima berbagai elemen masyarakat.

Seorang mahasiswa, Rahmat Ilham Kusuma Darmo sangat tertarik dan penasaran mengenai Sosialisasi Empat Pilar MPR yang gencar dilaksanakan MPR RI ke berbagai elemen masyarakat.Rahmat meminta penjelasan ke Budi soal tujuan dari Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Pertanyaan Rahmat, dijawab pemateri dengan lugas bahwa tujuan dari Sosialisasi Empat Pilar adalah secara umum untuk melakukan internalisasi yakni pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai luhur bangsa kepada seluruh lapisan rakyat Indonesia.

(ega/ega)