Saudi Setop Umrah Gegara Corona, Said Aqil: Demi Keselamatan Jemaah

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 17:03 WIB
Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, M.A. atau sering dikenal Said Aqil Siradj Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 2010–2015. File/detikFoto.
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mendukung pemberhentian sementara umrah. Menurutnya, pemberhentian itu demi keselamatan para jemaah.

"Sementara (pemberhentian) demi keselamatan jemaah, demi keselamatan. Nanti yang umrah kan banyak, kalau nanti yang umrah bawa virus corona very very danger," Kata Said di Kantor PBNU, jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Dia menuturkan, para jemaah yang sudah sampai di Madinah-pun juga kembali dipulangkan. Sementara untuk yang akan berangkat dan masih berada di Indonesia dibatalkan keberangkatannya sampai waktu yang belum dapat ditentukan.

"Kan dikembalikan dipulangkan (jemaah). Yang sudah sampai sana pun baru turun, baru landing di Madinah, dipulangkan. Yang masih di sini dibatalkan. Sampai betul-betul yakin tidak ada Corona," tuturnya.

Dia mengimbau untuk para jemaah yang berencana dan akan berangkat umrah untuk lebih bersabar. Pemberhentian sementara ini menurutnya tidak memiliki maksud apapun selain daripada keselamatan bersama.

"Ya kita sabar lah sabar, ya namanya demi kepentingan orang banyak kita terima lah sama sekali nggak ada maksud yang lain hanya demi keselamatan. Kalau satu orang bawa virus kan bisa menyebar luas, di sana kan banyak sekali orang umrah," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa tindakan mencegah datangnya kehancuran harus didahulukan. Dan membelakangkan memetik kemanfaatan atau keuntungan.

"Mencegah kehancuran harus kita dulu kan daripada memetik kemanfaatan," ucapnya.

Tonton juga Arab Saudi Setop Umrah, Jemaah RI Numpuk di Soekarno-Hatta :

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)