Saudi Setop Sementara Umrah, 35 Jemaah Palembang Tetap Berangkat

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 15:44 WIB
Sanjaya (pakai peci) dan pengurus travel Bumi Nata Wisata saat ditemui di bandara SMB II Palembang (Raja Adil/detikcom)
Foto: Sanjaya (pakai peci) dan pengurus travel Bumi Nata Wisata saat ditemui di bandara SMB II Palembang (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Otoritas Arab Saudi menyetop sementara kedatangan jemaah umrah dari luar negaranya. Namun ada 35 jemaah dari Palembang yang direncanakan akan tetap berangkat sore ini.

"Pemberangkatan terakhir hari ini. Jadi ada 35 jemaah kami yang berangkat umrah dari Bandara SMB (Sultan Mahmud Badaruddin) II Palembang," ucap Maneger Operasional Bumi Nata Wisata Palembang, Boby Sanjaya, saat ditemui di Bandara SMB II, Kamis (27/2/2020).

Sebagai travel yang memberangkatkan 35 jemaah umrah, Sanjaya turut memastikan seluruh jemaah berangkat hari ini. Namun untuk penerbangan lain dipastikan sudah tidak dapat berangkat.

"Hari ini terakhir berangkat dan kami telah mendapat konfirmasi pihak Lion Air. Tadi jam 10 pagi dikonfirmasi 35 jemaah kami berangkat," katanya.

Meskipun jemaah bisa berangkat, tetapi untuk keberangkatan dipastikan mundur. Sebab pihak maskapai masih menunggu update terbaru terkait larangan di negara Arab Saudi.

"Hanya delay saja. Seharusnya kan pukul 14.00 WIB berangkat menjadi pukul 16.00 WIB, ini juga terkait larangan Arab Saudi," katanya.

Seluruh jemaah umrah, kata Sanjaya, kini sudah berada di pesawat. Untuk jemaah diketahui berasal dari Palembang, Batam, Banyuasin, dan Bangka Belitung.

"Kemarin sudah ada cek vaksin, kesehatan semua jemaah dipastikan sehat. Hanya ya semua kami imbau jemaah pakai masker selama kegiatan di sana," katanya.

Sementara itu Kepala Imigrasi Palembang, Hasrullah, ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan pasti dari Arab Saudi. Mengingat semua jemaah sudah menyelesaikan pengurusan visa.

"Ya kami akan terus update informasi dari sana (Arab Saudi). Tetapi sejauh ini untuk visa nggak masalah karena sudah diurusi pihak travel, tapi kalau dari negara asalnya melarang ya tunggu dulu seperti apa," kata Hasrullah.

Simak Juga Video "Arab Saudi Setop Umrah, Jemaah RI Numpuk di Soekarno-Hatta"

[Gambas:Video 20detik]




(ras/jbr)