Waspada! Hari Ini Muncul 30 Titik Panas di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 14:24 WIB
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI kembali menyegel lahan PT TCP di Desa Muaro Medak, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Lahan hutan tanaman industri (HTI) yang sangat berdekatan dengan wilayah Kabupaten Muaro Jambi itu disegel setelah lahan tersebut kembali terbakar dan menjadi penyumbang asap terbesar di Jambi.
Ilustrasi karhutla. Foto: Ferdi Almunanda/detikcom
Pekanbaru -

BMKG Pekanbaru memantau jumlah titik panas (hotspot) hari ini meningkat tajam dibanding sehari sebelumnya. Terpantau satelit ada 30 titik panas menyebar di Riau.

"Prakiraan cuaca pagi hari, siang hingga sore cerah dan berawan. Saat ini terpantau ada 30 titik panas di Riau pada level confidence 70 persen," kata Analisis BMKG Pekanbaru, Putry Santy Siregar, kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Putry menjelaskan, pada level confidence 50 persen di Sumatera terpantau 44 hotspot. Dari jumlah itu posisi di Riau terdeteksi 43 titik panas dan satu muncul di Sumut.

"Di Riau sebaran titik panas di level 50 persen itu ada di Kabupaten Meranti 24, Kota Dumao 13, Pelalawan 2, dan Bengkalis 4," kata Putry.

Namun pada level confidence 70 persen, sambung Putry, titik panas terpantau sebanyak 30.

"Di Kabupaten Meranti ada 19 hotspot dan Kota Dumai 11 hotspot," kata Putry.

Sebagaimana diketahui, sudah sepekan tim Satgas Karhutla melakukan pemadaman di Kecamatan Rupat, Kabupatem Bengkalis. Di sana terjadi kebakaran lahan gambut yang sulit dipadamkan.

Tim Satgas kesulitan melakukan pemadaman salah satu kendalanya keterbatasan air. Namun demikian tim masih terus berupaya melakukan pemadaman di lokasi.

(cha/tor)