Beredar Isu Perintah agar Guru Kenalkan soal Pengganti UN, Hoax or Not?

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 13:30 WIB
Selamat tinggal ujian nasional (Mindra Purnomo/detikcom)
Ilustrasi selamat tinggal Ujian Nasional. (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Setelah tahun 2020 ini, Ujian Nasional (UN) tidak akan ada lagi karena diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter mulai 2021. Kini sudah beredar surat berisi perintah agar para guru memperkenalkan soal AKM ke murid-muridnya. Ternyata surat itu hoax.

Klarifikasi disampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) lewat akun Twitter resminya, Kamis (27/2/2020). Kemdikbud mengunggah gambar surat tipu-tipu itu dengan tanda besar 'hoax' di atasnya.

"#SahabatDikbud mohon waspada jika menerima surat edaran seperti berikut. Surat edaran perihal Pengenalan soal AKM untuk Guru yang mengatasnamakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tersebut adalah palsu," kata Kemdikbud.

Surat palsu itu mengatasnamakan BSNP. Surat itu dilengkapi kop surat dan nomor surat. Surat itu perihal pengenalan soal AKM untuk guru.

Disebutkan, dalam surat palsu ini, guru-guru diperintahkan memperkenalkan soal AKM sebagai pengganti UN. Disebutkan pula, kegiatan pengenalan AKM ini bakal berpengaruh ke sertifikasi guru. Ada tanda tangan Ketua BSNP Abdul Mu'ti dan Sekretaris BSNP Arifin Junaidi, tentu saja palsu.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2