Ini Tampang Koruptor Buron 10 Tahun yang Ngumpet di Rumahnya di NTB

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 12:46 WIB
Kartono
Kartono (memakai kaus merah) ditangkap setelah 10 tahun buron. (Foto: Istimewa)

Setelah jangka waktu kontrak selesai dan dilakukan pemeriksaan oleh Tim Pemeriksa Barang, yaitu Mohammad A Rajak, Arifin, Iwan Iskandar, dan Raodah Ismail, dua unit kapal penangkap ikan dinyatakan sudah sesuai dengan spesifikasi kemudian diserahkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Dompu untuk diserahkan kepada nelayan.

Namun fakta di lapangan menunjukkan dua kapal tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi sehingga tidak dapat digunakan dan merugikan keuangan negara sebesar Rp 690 juta.

Setelah proses sidang, Pengadilan Negeri Dompu menyatakan Kartono terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam dalam dakwaan primer.

Majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan pada Kartono. Dia juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp75,9 juta subsider 6 bulan kurungan.

Putusan Pengadilan Tinggi Mataram Nomor 210/PID/2098/PT.MTR tanggal 3 Februari 2009 menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Dompu, termasuk Putusan Kasasi No 1102 K/PIDSUS/2009 tanggal 3 November 2010 menyatakan menolak kasasi, baik terpidana maupun penuntut umum.

Halaman

(asp/asp)