Pelaku Penyanderaan 3 Guru SD di Arwanop Papua Kelompok Guspi Waker

Saiman - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 11:50 WIB
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Saiman/detikcom)
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Saiman/detikcom)
Timika -

Pelaku penyanderaan 3 guru SD Baluni di Arwanop adalah kelompok pimpinan Guspi Waker. Kelompok Guspi Waker adalah anak buah Ayub Waker.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan pelaku penyanderaan terdiri atas 50 orang dengan membawa senjata. Mereka dipimpin Guspi Waker. Kelompok KKSB Intan Jaya ini sebelumnya dipimpin Ayub Waker yang telah meninggal.

"Pelaku penyanderaan terdiri dari 50 orang, pimpinannya Guspi Waker, dia anak buahnya Ayub Waker," kata Era ditemui di Mapolres Pelayanan, Kamis (27/2/2020).

Pasca-penyanderaan tiga guru SD di Arwanop itu, tim pengejaran sudah diberangkatkan ke Arwanop.

Era menambahkan, penyanderaan ketiga guru SD Arwanop terjadi saat panen raya jagung. Tiba-tiba datang sekelompok orang bersenjata membubarkan acara panen raya dan menyandera tiga guru.

Ketiga guru tersebut telah dibebaskan oleh tokoh adat tokoh agama Kampung Arwanop Distrik Tembagapura. Polisi menyampaikan terima kasih atas peran tokoh adat tersebut.

"Tiga guru disandera dua hari dan sudah dibebaskan oleh tokoh setempat, ketiganya sudah dievakuasi ke Timika menggunakan heli milik Polri," kata Era.

Ketiga guru tersebut saat ini telah diamankan kepolisian guna menjalani trauma healing.

"Untuk sementara kita amankan dan diberikan trauma healing. Kalau sudah tenang akan dilanjutkan pengambilan keterangan," tambah Era.

(gbr/gbr)