Heboh 5 Harimau Muncul di Riau, Dicek BBKSDA Ternyata Foto Editan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 10:45 WIB
Jejak hewan dikira harimau, ternyata jenis kucing hutan (dok. BBKSDA Riau)
Foto: Jejak hewan dikira harimau, ternyata jenis kucing hutan (dok. BBKSDA Riau)
Pekanbaru -

Masyarakat di Kabupatem Pelalawan, Riau, resah atas informasi kemunculan 5 ekor harimau sumatera (panthera tigris sumatrae) yang tersebar lewat media massa lokal dan media sosial (medsos). Tim mitigasi yang diterjunkan ke lapangan tak menemukan jejak harimau, artinya informasi tersebut merupakan kabar bohong (hoax).

"Kabar awalnya Camat Pangkalan Kuras menerima info bahwa ada kemunculan harimau di area PT Surya Bratasena Plantation (SBP) pada 25 Februari 2020. Setelah dicek informasi kemunculan harimau itu ternyata hoax," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, kepada detikcom, Kamis (27/2/2020).

Haryono menjelaskan, tim mitigasi menuju ke lokasi PT SBP bersama tim Polsek Pangkalan Kuras di Pelalawan serta masyarakat dan pihak perusahaan. Petugas lalu meminta keterangan warga setempat bernama Syawal yang mengaku melihat harimau.

"Tim mengecek ke lokasi, dan warga bernama Syawal tadi menunjukkan jejak satwa yang disebarluaskan bahwa itu tapak harimau," kata Haryono.

Namun setelah dicek tim, sambungnya, jejak tersebut palsu alias bukan bekas tapak harimau. Analisis tim, tapak tersebut dinilai tidak lazimnya tapak harimau.

"Jari depan berjumlah 5 dan telapak kaki lebar dengan ukuran panjang 19 cm dan lebar 18 cm," kata Haryono.

Selanjutnya
Halaman
1 2