Alasan-alasan Anies Tak Penuhi Panggilan DPR Bahas Banjir

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 07:37 WIB
Anies Baswedan (Dok, Facebook dan Instagram Anies Baswedan)
Foto: Anies Baswedan (Dok, Facebook dan Instagram Anies Baswedan)
Jakarta -

Ketidakhadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat rapat penanganan banjir Jabodetabek di Komisi V DPR membuat anggota dewan kecewa. Namun, Anies mengungkapkan sejumlah alasan.

Sejatinya, Anies dijadwalkan untuk hadir dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR pada Selasa 26 Februari 2020. Selain Anies, DPR mengundang Kepala BMKG, Basarnas, BNPP, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Dari Anies hingga RK tidak hadir.


Anies diwakili oleh Deputi Tata Ruang Pemprov DKI Vera Refina Sari. Vera menyebut Anies sedang mengunjungi daerah-daerah yang dilanda banjir.
"Ya kan kemarin banjirnya. Yang hari ini masih di lapangan beliau. Nggak bisa (dibatalkan) karena kan dampak-dampaknya masih terasa sekarang," kata Vera.

Absennya Anies membuat sejumlah anggota DPR kecewa dan geram. Anies dan RK bahkan disebut sebagai kepala daerah yang tidak memiliki hati dan tidak ada kerjanisasi. Rapat akhirnya ditunda.


Atas sorotan itu, Anies angkat bicara. Dia pun menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilakukannya sehari penuh dalam menangani banjir Ibu Kota.

Berikut buka-bukaan Anies soal tidak hadir saat rapat di DPR