Pemerintah Luruskan soal Dana Influencer: Rp 72 M untuk Banyak Komponen

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 17:25 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melantik pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (5/2/2020).
Wishnutama (Rengga Sancaya/detikcom)

Influencer dari Amerika hingga Timur Tengah Akan Direkrut

Wishnutama mengatakan influencer yang akan ditunjuk mempromosikan pariwisata Indonesia ini akan berasal dari berbagai negara. Itu didasarkan pada potensi jumlah pengunjung yang bakal datang ke Indonesia.

"Paling nggak kan ada dari Amerika, Australia, dari Europe dari India, misalnya, Middle East. Negara-negara yang kira kira punya potensi yang luar biasa. Dan Australia itu kan udah deket, visitor banyak, spending-nya gede, paling mudah kalau bisa Australia dululah. Kita taktis aja. Lagian 5-6 jam sudah sampai Indonesia," ujar dia.

Namun Wishnutama belum bisa membeberkan jumlah influencer yang bakal direkrut. Pihaknya akan melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan para influencer tersebut.

"Gini, range-nya kan macem-macem. Kalau bilang BTS, ya nggak akan sanggup. Itu lebih dari 10 juta dolar kali buat mereka. Tapi kalau yang lebih kecil ya lebih murah. Nah kita lagi hitung-hitung nih. Tapi kan tau sendiri, kalau engagement-nya semakin besar, otomatis semakin mahal. Jadi itu mesti dihitung lagi. Dan mereka mau apa nggak, itu harus ditanya. Mau nggak promosiin Indonesia. Belum tentu mau. Kalaupun mau berapa harganya, kita harus negosiasi. Kan gitu," ujar dia.

selanjutnya
Halaman

(knv/gbr)