Legislator Gerindra Bandingkan Kehadiran Anies-Jokowi Saat Rapat Banjir di DPR

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 13:55 WIB
Rapat Komisi V DPR soal banjir Jabodetabek (Mochamad Zhacky/detikcom)
Foto: Rapat Komisi V DPR soal banjir Jabodetabek (Mochamad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan absen dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI. Anggota Komisi V dari Fraksi Gerindra, Sadewo, membandingkan absennya Anies dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan Sadewo dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito perihal banjir. Anies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim diundang, namun tak hadir.

Sadewo awalnya mengulas rapat di Komisi V soal banjir Jakarta saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Menurutnya, Basuki kala itu menjadi Irjen.


"Pada periode 2009-2014, saya berada di ruangan sini, dan ketika itu DKI Jakarta juga dilanda banjir yang sangat besar. Kemudian Komisi V mengambil langkah koordinasi seperti ini. Pak Basuki kalau nggak salah masih menjadi Irjen, Pak, duduknya berada di lapis kedua, bukan di lapis pertama," kata Sadewo dalam rapat di Komisi V DPR, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dalam rapat ketika itu, sebut Sadewo, Komisi V juga mengundang Jokowi selaku Gubernur DKI. Seingat Sadewo, Jokowi hadir dalam rapat.

"Komisi V juga mengundang Gubernur DKI, ketika itu Pak Joko Widodo. Dan forum itu Pak Joko Widodo hadir memenuhi undangan Komisi V," ucap Sadewo.


"Dengan hadirnya Pak Joko Widodo, yang bertemu langsung dengan Menteri PU dalam forum rapat Komisi V. Ada penanganan-penanganan nyata, strategis, dan kita lihat, kita rasakan pascaitu, di tahun berikutnya banjir DKI agak mereda, tidak sebesar tahun sebelumnya," imbuhnya.

Sadewo nampak kecewa karena Anies tidak hadir dalam rapat hari ini. Karena itu, dia mengusulkan, rapat hari ini ditunda.

"Namun sekarang, karena Gubernur tidak hadir, sudah sepakat rapat ini sebaiknya kita tunda," ujar Sadewo.

Simak Video "Anies-Kang Emil Mangkir, Rapat Soal Banjir di Komisi V DPR Ditunda!"

Selanjutnya
Halaman
1 2