Polri soal Radioaktif di Batan: Yang di TKP Penemuan Sama Dengan di Rumah SM

Audrey Santoso - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 13:00 WIB
abag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra.
Foto: Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengatakan ada indikasi keterkaitan antara zat radioaktif yang ditemukan di area tanah kosong Perumahan Batan Indah, dengan yang didapat polisi dari rumah milik SM. Polisi menjelaskan SM adalah pegawai aktif Batan, yang akan pensiun pada Mei 2020 mendatang (sebelumnya ditulis pensiunan Batan, red).

"Indikasi korelasi di TKP penemuan zat radioaktif ini, bahwa antara TKP penemuan sama dengan yang ditemukan di rumah SM," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (26/2/2020).


Asep menuturkan saat ini proses penyelidikan masih dilakukan untuk mengetahui apakah SM yang membuang limbah radioaktif tersebut. Namun Asep menegaskan SM jelas telah melanggar aturan karena menyimpan zat radioaktif secara ilegal.

"Kemudian pendalaman lebih lanjut sedang dilakukan, apakah yang bersangkutan memang membuang di daerah ditemukannya zat itu. Apakah yang bersangkutan melanggar? Jelas, karena seseorang yang menyimpan secara ilegal zat radioaktif ini, Cs 137, itu harus mendapatkan perizinan," jelas Asep.

Selanjutnya
Halaman
1 2