Exco PSSI Jabar DPO Match Fixing Persikasi VS Perses Sumedang Ditangkap!

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 12:26 WIB
Satgas Antimafia Bola tangkap Exco PSSI Jabar
Foto: Satgas Antimafia Bola tangkap Exco PSSI Jabar (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Satgas Antimafia Bola kembali menangkap dua tersangka terkait kasus pengaturan skor pada pertandingan Persikasi Bekasi vs Perses Sumedang. Salah satu pelaku yakni Exco PSSI Jawa Barat Hikmat Nuristawan yang sempat masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Berkaitan itu Satgas Gakkum lakukan penyelidikan penyidikan, dan penangkapan pada 6 orang yang kita tahu inisial DS dkk, DS sebagai wasit utama. Dari 6 tersangka masih ada 2 pelaku lagi yang jadi daftar pencarian orang satgas anti mafia bola. Alhamdulilah saat ini keduanya tertangkap," kata Kasatgas Antimafia Bola Brigjen Hendro Pandowo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (26/2/2020).

Hendro menjelaskan pengaturan skor ini terjadi saat pertandingan antara Persikasi Bekasi VS Perses Sumedang pada 6 November 2019. Saat itu ada dugaan pengaturan skor yang dimenangkan Persikasi 3-2 atas Perses Sumedang.

Dua orang tersebut yakni Hikmat Nusristawan sebagai Exco sekaligus Asprov PSSI Jabar dan KH sebagai Dewan Pengawas Persikasi sekaligus PNS Kabupaten Bekasi. Hikmat, sebut Hendro, berperan sebagai pencari wasit sedangkan KH berperan sebagai mencari tahu wasit yang bertugas saat laga berlangsung.

"Dia (HN) koordinasi dengan perwasitan untuk atur siapa perangkat wasit, wasit utama, siapa wasit pembantu sehingga apa yang jadi konspirasi keinginan Persikasi Bekasi untuk memenangkan pertandingan," ucap Hendro.

Hendro menjelaskan kedua tersangka mendapat jatah Rp 2-4 juta dari pengaturan skor pertandingan itu. Namun, dia menyebut pihaknya masih mendalami terkait keterlibatan mereka dalam pengaturan skor di pertandingan lain.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2