Round-Up

Manuver Sang Raja Usai Pengunduran Diri PM Malaysia

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 22:44 WIB
Abdullah Sultan Ahmad Shah
Foto: AFP/Getty Images
Jakarta -

Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong, Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad dari perdana menteri. Sultan Abdullah kemudian akan menemui 221 anggota parlemen Malaysia.

Sultan Abdullah akan menemui semua anggota parlemen atau yang disebut Dewan Rakyat sebelum menunjuk Perdana Menteri baru menggantikan Mahathir. Sultan disebut akan mewawancarai mereka satu per satu. Total ada 221 anggota dewan rakyat yang akan diwawancarai.

Raja Malaysia berwenang menunjuk perdana menteri dari anggota dewan rakyat. Hal itu sesuai dengan aturan Konstitusi Federal Malaysia pasal 43 ayat 2a.

Dilansir media lokal Malaysia, The Star dan Free Malaysia Today, total anggota dewan rakyat ada 222. Namun hanya 221 orang yang akan diwawancarai Sultan dalam dua hari ke depan. Sementara Mahathir yang merupakan anggota dewan rakyat untuk wilayah Langkawi tidak akan diwawancarai Sultan.

Wawancara akan dimulai pada Selasa (25/2) siang, sekitar pukul 14.30 waktu setempat. Setiap anggota Dewan Rakyat akan menjalani sesi wawancara langsung dengan Sultan Abdullah, masing-masing, selama 2-3 menit. Kepala Sekretaris Pemerintahan Malaysia, Mohd Zuki Ali, akan menjadi saksi dari wawancara itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2