PAN Serahkan Susunan Pengurus ke Kemenkum HAM Pekan Ini

azr - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 19:05 WIB
Anggota DPR F-PAN Yandri Susanto
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tengah merampungkan proses penyusunan pengurus DPP PAN. Susunan pengurus DPP PAN ditargetkan akan diserahkan ke Kementerian Hukum dan HAM pekan ini.

"Kalau diumumkan secara resmi saya nggak tahu ya, tapi targetnya kelihatannya kalau bisa dalam minggu ini Ketum menyampaikan usulan susunan kepengurusan itu berikut dokumen-dokumen pendukungnya, seperti Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga, itu akan disampaikan kepada KumHAM," kata politikus PAN Yandri Susanto di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Meski demikian, Yandri mengatakan penyerahan susunan pengurus itu akan melihat perkembangan kebutuhan PAN. Ia berharap, dalam dua hingga tiga hari ke depan, susunan pengurus itu sudah bisa diserahkan ke Kemenkum HAM.

"Kalau saya dengar infonya begitu, mudah-mudahan minggu ini. Tapi kita lihat perkembangan dulu, apakah memang semua unsur ataupun kebutuhan kepengurusan yang diinginkan oleh Ketua Umum untuk mempercepat laju konsolidasi, rekomendasi dan sebagainya itu sudah bisa terpenuhi nggak sebelum diserahkan kepada KumHAM," ujar Yandri.

"Jadi tergantung kesiapan penyusunan satu-dua hari atau tiga hari ini," imbuhnya.

Terkait posisi Sekjen, Yandri menyebutkan sejumlah nama yang berpotensi menjadi orang nomor 2 di PAN. Dua di antaranya eks Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Yandri sendiri.

"Posisi Sekjen ya itu juga yang mungkin, bukan membuat lama, itu kan yang strategis. Tapi insyaallah selesailah itu, nggak terlalu rumit. Ya tunggu aja pengumumannya siapa. Bisa Nasrullah, bisa Eddy Soeparno, bisa saya, bisa yang lain. Ya kita tunggu aja," ungkapnya.

Seperti diketahui, Zulkifli Hasan terpilih kembali sebagai Ketua Umum PAN dalam Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara. Zulkifli diberi mandat sebagai formatur tunggal kepengurusan PAN 2020-2025.

(zlf/zlf)