Istana Kebanjiran di Era Anies, Terjadi Juga Saat Jokowi-Ahok Memimpin

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 13:16 WIB
Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan Jakarta Kebanjiran. (Dok Istimewa)
Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan Jakarta Kebanjiran (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Akibat hujan yang terus mengguyur, hari ini kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, sempat terendam banjir. Sebelum era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Istana juga pernah banjir ketika Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih memimpin Jakarta.

Berdasarkan catatan detikcom, banjir besar pernah melanda DKI Jakarta pada 2013. Ketika itu, Jakarta masih dipimpin oleh Jokowi. Banjir yang mengepung Jakarta sejak Kamis (17/1/2013) itu disebut lebih dahsyat dari banjir pada 2007. Saat itu, Jakarta disebut-sebut memasuki periode banjir 5 tahunan.

Perkampungan penduduk, jalan protokol, hingga Istana terkepung banjir. Istana masih dihuni oleh Presiden RI Periode 2009-2014 Susilo Bambang Yudhoyono.

Ketika itu, Jokowi baru tiga bulan memimpin Jakarta. Jokowi masih berusaha meraba-raba kondisi Jakarta. Langkah Jokowi untuk mengatasi banjir saat itu ialah dengan memperbaiki tanggul.

"Ya dilihat-lihat, nanti dilihat yang paling cepat (memperbaiki tanggul) pakai semen atau baja. Yang penting semua jurus dipakai," ujar Jokowi di lokasi, Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2013).

Simak Video "Waduh! Istana Presiden Kebanjiran"

Selanjutnya
Halaman
1 2