Round-Up

Gaduh Terapi Dedy 'Doktor Psikologi' Berujung ke Meja Polisi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Feb 2020 07:39 WIB
Dedy Susanto (Tangkapan layar Youtube Kuliah Psikologi milik Dedy Susanto)
Foto: Dedy Susanto (Tangkapan layar Youtube 'Kuliah Psikologi' milik Dedy Susanto)
Jakarta -

Dedy Susanto dikenal sebagai seorang motivator bergelar 'doktor psikologi'. Praktik terapinya yang memakai metode pemulihan jiwa dipersoalkan. Kini, Dedy dilaporkan oleh seorang pengacara ke Polda Metro Jaya.

Dedy mulanya dikenal sebagai pengelola akun @pemulihanjiwa dan penulis buku 'Pemulihan Jiwa'. Karena menulis buku ini, Dedy lantas dikenal sebagai motivator yang kerap memberikan motivasi dengan metode terapi pemulihan jiwa.

Nama Dedy kemudian mendadak ramai diperbincangkan di media sosial setelah seorang selebgram Revina VT membongkar jati dirinya di media sosial. Semua berawal dari perdebatan Revina dengan Dedy Susanto di Instagram tentang menyembuhkan orientasi seksual lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) serta bipolar.

Kecurigaan Revina VT muncul setelah Dedy Susanto membuat pernyataan yang menyebut LGBT dapat disembuhkan. "Karena aku tahu LGBT adalah spektrum gender, preferensi seksual, lalu aku tanya, sebagai doktor psikologi kok dia ngomong gitu, kan LGBT bukan penyakit, kenapa bilang bisa disembuhin. Dari situ aku mulai curiga," kata Revina seperti dikutip dari wawancaranya dengan Insert Live, Senin (17/2/2020).

Revina VT lalu mempertanyakan kredibilitas Dedy Susanto sebagai doktor psikologi. Debat kusir itu lantas merembet ke soal kelakuan mesum Dedy.

Selanjutnya
Halaman
1 2