Makan Sabun Berbulan-bulan, 2 Bocah di Tapsel Sumut Dilarikan ke RS

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 20:22 WIB
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit
Ilustrasi penanganan anak di rumah sakit (Foto: Thinkstock)
Medan -

Dua bocah di Desa Muara Tais 2, Kecamatan Angkola Muara Tais, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut), dilarikan ke rumah sakit gara-gara makan sabun. Keduanya disebut sudah makan sabun selama berbulan-bulan.

"Si N ini yang mengajak adiknya, A, memakan sabun. Dari ceritanya, dia udah lama makan sabun. Kalau adiknya ini sekitar 3 sampai 4 bulan gitu," ujar Camat Angkola Muara Tais, Fadhil Harahap, saat dihubungi, Senin (24/2/2020).

N disebut duduk di kelas 3 SD dan adiknya, A, masih berusia 4 tahun. Fadhil menjelaskan A mengalami gangguan kesehatan karena memakan sabun itu. Tubuh A, kata Fadhil, terlihat sangat kurus.

"Hari Rabu (19/2) kemarin, kami membawa mereka ke puskesmas. Awalnya kami pikir A terkena stunting. Tapi setelah dicek ternyata efek makan sabun itu. Malam minggunya (22/2) kami cek lagi, sudah agak baikan," ujarnya.

Fadhil menjelaskan kedua anak itu memakan sabun karena kurangnya pengawasan orang tua. Dia berencana membawa A dan kakaknya ke panti asuhan.

"Orang tua mereka sudah bercerai. Mereka dirawat ayahnya karena mamaknya pergi. Ayahnya ini ada gangguan kesehatan juga, untuk itu kami berencana membawa mereka ke panti asuhan yang di bawah Dinas Sosial Tapsel," jelas Fadhil.

(knv/knv)