Sistem Aerosol Nusantara III DPR Eror, Pimpinan MPR: Gedung Sudah Tua

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 15:37 WIB
Arsul Sani
Arsul Sani (Foto: Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

Sistem aerosol Gedung Nusantara III DPR menjadi penyebab gedung tersebut sempat diselimuti asap. Wakil Ketua MPR dari Fraksi PPP, Arsul Sani menyebut munculnya asap tersebut berkaitan dengan Gedung MPR/DPR yang sudah tua.

"Gedung DPR ini kan memang sudah tua. Ketika dibangun jumlah anggota DPR nya tidak lebih dari 400 orang. Sekarang dihuni oleh 575 orang dengan staf masing-masing yang bertambah banyak, sehingga sebetulnya gedung yang ada sudah jauh lebih besar, melewati kapasitas yang dirancang pada desain awalnya," kata Arsul, kepada wartawan, Senin (24/2/2020).

Arsul menyinggung ketika DPR ingin membangun gedung baru namun mendapat kritik dari sejumlah kelompok masyarakat. Namun, menurutnya pembangunan gedung baru DPR sudah tak relevan karena adanya pemindahan ibu kota negara.

"Masalahnya kan setiap DPR mau bangun gedung selalu ada resistensi yang besar dari kelompok masyarakat sipil tertentu sehingga tertund-tunda. Ketika pada akhirnya disepakati pemerintah dan DPR kemudian ibu kota mau pindah sehingga tidak relevan lagi mau bangun gedung baru," ujar Anggota Komisi III DPR tersebut.

Simak Video "Penjelasan Polisi soal Kepulan Asap di Gedung DPR"

[Gambas:Video 20detik]