Menkes Tunggu Data Jepang soal Kabar Warga Kena Corona Usai Kunjungi RI

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 11:56 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto (Andhika Prasetia/detikcom)
Menkes Terawan Agus Putranto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kantor berita NHK melaporkan seorang pria Jepang positif mengidap virus Corona COVID-19 sepulang dari Indonesia. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto masih menunggu data resmi dari pihak Jepang.

"Saya masih menunggu data dari mereka karena itu data epidemiologi di mana saja, apa benar dia udah ke sini, di mananya, di sana diperiksa setelah berapa hari, terus sakitnya apa," kata Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Menurut laporan seperti dilansir NHK, pemerintah metropolitan Tokyo mengidentifikasi pria Tokyo ini berusia sekitar 60-an tahun. Awalnya ia mengunjungi sebuah institusi perawatan kesehatan pada 12 Februari lalu, karena mengalami gejala-gejala seperti flu. Namun ia kembali ke rumah karena tidak terdiagnosis pneumonia.

Lalu, setelahnya, dia kembali bekerja di rumah senior pada 13 Februari, dan di tanggal 14 Februari memutuskan untuk diam di rumah. Namun kemudian ia dilaporkan bepergian ke Indonesia untuk liburan keluarga pada 15 Februari.

Meski begitu, laporan NHK tidak menjelaskan tujuan pasti pria itu saat berkunjung ke Indonesia. Pria itu diketahui dirawat di rumah sakit setelah kembali ke Jepang pada 19 Februari karena kesulitan bernapas dan dikatakan dalam 'kondisi serius'.

Menurut Terawan, pihaknya harus menerima informasi yang detail. Terawan enggan menanggapi jika masih sebatas kabar.

"Itu harus detail, kalau hanya berita pernah kan di Malaysia juga pernah gitu, Korea juga gitu. Jadi kita harus terus hati-hati dalam menyikapinya karena data itu penting. Saya sebagai Menkes sangat berpatokan dengan data," ujar Terawan.

Simak juga video 512 Tahanan di China Terinfeksi Virus Corona:

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)