KBRI Tokyo: 78 WNI ABK Kapal Pesiar Jepang Sudah Jalani Tes

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 22:10 WIB
Kapal Pesiar Diamond Princess
Foto ilustrasi Kapal Diamond Princess: CNN
Jakarta -

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyebut 78 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di kapal pesiar Diamond Princess Jepang sudah melakukan test Polymerase Chain Reaction (PCR) yang disediakan oleh otoritas Jepang. KBRI Tokyo pun memberi imbauan kepada WNI yang berada di Jepang untuk hati-hati dan menjaga kesehatan.

"Otoritas Jepang telah melakukan test PCR bagi para WNI ABK yang masih di atas kapal pesiar Diamond Princess dan saat ini menunggu hasilnya. Secara keseluruhan ada 78 WNI ABK dan beberapa di antaranya telah dinyatakan positif terjangkit Covid-19," ujar KBRI Tokyo dalam keterangan pers yang dilihat dari akun Twitter resmi, Minggu (23/2/2020).

KBRI Tokyo mengatakan saat ini otoritas Jepang sedang berupaya memberantas virus corona. KBRI mengatakan beberapa kegiatan besar di Jepang juga sudah dibatalkan.

"Berbagai kegiatan besar sudah sejak sepekan lalu diumumkan pembatalannya, seperti Upacara Ulang Tahun Kaisar serta Tokyo Marathon pada kategori Pelari Umum. Pemerintah Metropolitan Tokyo telah mengeluarkan kebijakan yang membatasi penyelenggaraan kegiatan umum di tempat terbuka serta membatalkan acara di tempat tertutup, dan masyarakat Tokyo juga diimbau untuk menunda atau membatalkan kegiatannya kecuali untuk hal yang sulit dijadwalkan kembali," tulisnya.

Sebagian masyarakat Tokyo juga sudah mengikuti kebijakan yang telah dibuat pemerintah Jepang untuk menunda beberapa kegiatan. Masyarakat Jepang juga, kata KBRI Tokyo, tidak panik dengan adanya imbauan dari otoritas Jepang karena mereka sering menghadapi bencana alam.

"Mereka juga sudah membatasi pergerakan mereka di tempat umum serta memperbanyak penggunaan masker kesehatan untuk mengurangi resiko penularan," ucapnya.