Lagi, Bamsoet Usul Sepeda Motor Bisa Masuk Tol

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 13:06 WIB
Lagi, Bamsoet Usul Sepeda Motor Bisa Masuk Tol
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengusulkan kepada pemerintah agar sepeda motor boleh melintas di jalan tol. Menurutnya, pengendara sepeda motor juga berhak menikmati semua fasilitas jalan karena turut membayar pajak.

"Maka sudah sepatutnya para pengendara roda dua mendapat hak-hak yang sama sebagai pengguna jalan. Dalam rangka pemikiran tersebut, dari podium ini saya ingin merujuk mengenai penggunaan dan fasilitas penggunaan jalan tol bagi pengendara roda dua atau bikers," ujar Bamsoet dalam acara 'Cerdas Cermat Riding Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan' di halaman parkir Gedung Nusantara IIi MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (23/02/2020).

Bamsoet menjelaskan, dasar hukum untuk mengizinkan pemotor masuk jalan tol juga sudah ada. Aturan tersebut tertuang dalam Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009.

"Sesuai dengan ketentuan Pasal 38 Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2009, disebutkan bahwa pada jalan tol dapat dilengkapi jalan tol khusus, baik kendaraan tol roda dua, baik secara fisik terpisah dari jalur tol yang diperuntukkan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Jadi kami menuntut hak yang sama. Menggunakan jalan tol karena kita sama-sama membayar pajak," kata dia.

Mantan Ketua DPR ini mencontohkan penggunaan jalan tol untuk sepeda motor juga sudah dilakukan di Tol Mandara Bali dan Tol Suramadu. Kedua jalan tol tersebut membuat fasilitas pemisah antara jalan sepeda motor dan mobil di jalan tol.

Simak Video "Jalan Daan Mogot Banjir, Pemotor Lewat Tol Rawa Buaya"

Selanjutnya
Halaman
1 2 3