Lagi, Bamsoet Usul Sepeda Motor Bisa Masuk Tol

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 13:06 WIB
Lagi, Bamsoet Usul Sepeda Motor Bisa Masuk Tol
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)

Sebelumnya, gagasan sepeda motor 'masuk' tol sempat dilontarkan juga oleh Bamsoet dan menimbulkan pro-kontra. Saat jadi polemik, Bamsoet menjelaskan lebih terperinci perihal gagasannya itu.

Bamsoet mengatakan, sejak sepuluh tahun lalu, jalur tol khusus sepeda motor mulai ada, pertama kali di Jalan Tol Suramadu. Lima tahun kemudian, kata Bamsoet, jalan tol khusus sepeda motor dibangun di Bali Mandara.

Menurut Bamsoet, penyediaan jalur khusus motor yang terpisah dengan mobil di jalan tol dengan pertimbangan keselamatan, merupakan salah satu contoh baik hadirnya keberpihakan negara dan asas keadilan terhadap rakyat yang secara ekonomi belum mampu memiliki mobil sebagai moda transportasi.

Bamsoet mengatakan, berdasarkan data tahun 2018 yang diperoleh dari Mabes Polri, jumlah sepeda motor yang terdaftar di seluruh Indonesia menyentuh angka yang sangat signifikan. Per 1 Januari 2018, katanya, angka tersebut mencapai 111 juta, atau tepatnya 111.571.239 unit kendaraan. Dia memperkirakan jumlah kendaraan roda dua per Januari 2019 mencapai lebih dari 120 juta unit.

Dia menyebut jalur tol untuk sepeda motor menghasilkan penurunan tingkat kecelakaan roda dua di Bali. Menurutnya, dengan jalur motor satu arah dan lebar hanya 2,5 meter, potensi tabrakan menjadi sangat minim.

Halaman

(aud/aud)