2 Warga Kena Radioaktif di Tangsel, Batan: Tidak Membahayakan Kesehatan

Rahel Narda C - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 11:38 WIB
Kepala Biro Humas dan Kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Heru Umbara
Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Heru Umbara (Rahel/detikcom)


Dia pun tidak melarang kedua warga itu untuk melakukan pemeriksaan atau medical check up ke institusi Batan. Pihak Batan terbuka menyediakan jasa pemeriksaan kesehatan umum.

"Artinya, silakan kalau misalnya ingin melakukan check up ke tempat kami. Kita terbuka membantu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti biasanya yang normal-normal gitu. Jadi MCU biasa gitu."

Diberitakan sebelumnya, limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah membuat warga terkena radiasi. Ada dua orang yang terkontaminasi tapi dipastikan masih aman secara medis.

"Dari sembilan orang tersebut, ada dua yang terindikasi atau yang terukur kontaminasi Cesium 137. Tapi tingkatnya ternyata sangat rendah, jadi tidak ada dampak radiologi dan tidak ada dampak kesehatan," kata Sekretaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Hendriyanto Hadi Tjahyono kepada wartawan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Jumat, seperti diberitakan Antara, Jumat (21/2).

Melalui pemeriksaan terhadap sembilan orang dengan menggunakan 'Whole Body Counting', katanya, diperoleh hasil bahwa tujuh orang tidak terkontaminasi Cesium 137 dan dua yang terdeteksi terkontaminasi Cesium 137 dengan nilai yang tinggi di antara dua orang itu adalah 0,12 milisievert.

Dikatakannya, nilai batas dosis radiasi yang bisa diterima oleh masyarakat adalah 1 milisievert per tahun. Sedangkan 2 warga yang terkontaminasi itu hanya memiliki kandungan Cesium 137 sebesar 0,12.

Halaman

(knv/knv)