KPAI: Jangan Viralkan Foto Korban Hanyut Siswa SMPN 1 Turi Sleman

Indra Komara - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 11:15 WIB
Proses evakuasi siswa SMPN 1 Turi Sleman di Sungai Sempor, Jumat (21/2/2020)
Proses mengevakuasi siswa SMPN 1 Turi Sleman di Sungai Sempor. (Jauh Hari/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak tujuh siswa SMPN 1 Turi tewas setelah hanyut saat kegiatan susur sungai di Sungai Sempor, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). BPBD DIY saat ini sedang mencari tiga siswa yang belum ditemukan.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berbelasungkawa atas peristiwa tersebut. KPAI berharap insiden ini menjadi peringatan kepada pihak sekolah untuk mengutamakan aspek keselamatan saat berencana melakukan kegiatan outdoor.

"Berharap kasus ini menjadi peringatan semua pihak agar aspek safety menjadi prioritas utama dalam memilih lokasi kegiatan. Apapun kegiatan peserta didik," kata Ketua KPAI Susanto kepada wartawan, Sabtu (22/2/2020).



Susanto juga mengimbau masyarakat tidak memviralkan foto para korban. Dia mengingatkan soal aturan hukum.

"Kami mengimbau kepada semua pihak agar tidak memviralkan foto korban, selain tidak etis, viralisasi foto korban merupakan pelanggaran hukum," terang Susanto.

Berdasarkan data terakhir korban hanyut siswa SMPN 1 Turi ini, ada tujuh orang yang tewas. Tiga siswa yang masih dalam pencarian adalah Yasinta Bunga (13), Zahra Imelda (12), dan Nadine Fadilah (12).

Updated! 7 Tewas dalam Insiden Siswa yang Hanyut di Sleman:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/hri)