Round-Up

Limbah Radioaktif 'Makan Korban' tapi Dipastikan Masih Aman

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 20:07 WIB
Wilayah Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) ditemukan paparan radioaktif, Sabtu (15/2/2020). Kondisi di titik paparan radioaktif masih dibatasi menggunakan garis perimeter.
Lokasi paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Paparan radiasi dari limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, 'memakan korban'. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menyebut ada dua orang yang terindikasi terkontaminasi cesium 137, yang merupakan unsur pada limbah radioaktif itu.

"Dari sembilan orang, ada dua yang terindikasi atau yang terukur kontaminasi Cesium 137," kata Hendriyanto Hadi Tjahyono selaku Sekretaris Utama Bapeten, Jumat (21/2/2020).

Melalui pemeriksaan terhadap sembilan orang dengan menggunakan whole body counting, katanya, diperoleh hasil bahwa tujuh orang tidak terkontaminasi cesium 137 dan dua yang terdeteksi terkontaminasi cesium 137 dengan nilai yang tinggi di antara dua orang itu, yakni 0,12 milisievert.

Menurutnya, nilai batas dosis radiasi yang bisa diterima oleh masyarakat adalah 1 milisievert per tahun. Sedangkan dua warga yang terkontaminasi itu hanya memiliki kandungan cesium 137 sebesar 0,12.

Namun, dari pemeriksaan, paparan cesium 137 pada dua orang itu disebut masih di bawah nilai batas dosis radiasi untuk masyarakat umum sehingga tidak membahayakan secara medis. Orang-orang yang diperiksa itu merupakan warga yang tinggal di dekat dengan lokasi ditemukannya sumber paparan radiasi tersebut.

"Tapi tingkatnya ternyata sangat rendah, jadi tidak ada dampak radiologi dan tidak ada dampak kesehatan," kata Hendriyanto.

Tonton juga Bersihkan Limbah Radioaktif, 275 Drum Dikumpulkan Petugas :

Selanjutnya
Halaman
1 2