Pemprov DKI Ubah Rencana: PKL Tak Jadi Berdagang di Atas Trotoar Sudirman

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 20:01 WIB
Jalan Tanjung Selor di kawasan ITC Roxy Mas, Jakarta, dipenuhi sejumlah PKL dan parkir liar. Hasilnya, jalan menjadi sempit dan fungsi trotoar hilang.
Ilustrasi PKL di trotoar/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengubah rencana penataan pedagang di Jalan Sudirman. Pada awalnya, ramai dibahas akan ada penataan pedagang di trotoar lebar Jalan Sudirman-Thamrin.

"Yang nama di Sudirman itu, tidak akan ada PKL yang mau di taro di trotoar tapi di sisi trotoar," ucap Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, saat dihubungi, Jumat (21/2/2020).

Menurut Ratu, pemerintah akan bekerja sama dengan beberapa gedung di sekitar stasiun MRT atau halte TransJakarta (TJ). Sehingga, mudah dinikmati oleh pengguna transportasi publik.

"Kita akan adakan pendekatan ke gedung-gedung yang memang dekat stasiun MRT atau TJ. Tujuan adalah, (trotoar) bukan fasilitasi pedagang tapi untuk fasilitasi pejalan kaki," ucap Ratu.

Ratu menegaskan tidak sedikit pun menggunakan trotoar. Namun, area yang berdekatan dengan trotoar.

"Ini bukan di trotoar, kita akan usahakan pedagang itu di sisi trotoar, bukan di atas trotoar tapi sebelum trotoar. Kita akan minta itu di lahan privat," kata Ratu.

Selanjutnya
Halaman
1 2