KSP Jawab Kabar Reshuffle Kabinet Indonesia Maju Jokowi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 18:50 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Maruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik dengan didampingi istri dan suami mereka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.
Kabinet Indonesia Maju (Antara Foto/Puspa Perwitasari)
Jakarta -

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wapres Ma'ruf Amin diembuskan Dede Budhyarto, salah satu relawan kepala negara. Kantor Staf Kepresidenan menjawab kabar tersebut.

"Saya kira tidak ada ya, menteri-menteri baru bekerja 100 hari, terlalu pendek untuk melakukan suatu evaluasi yang fundamental terhadap kinerja para menteri. Saya kira tidak ada apa yang dikemukakan Bang Dede itu ya soal reshuffle," kata Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian saat dikonfirmasi, Jumat (21/2/2020).

Donny menegaskan reshuffle kabinet adalah hak prerogatif Jokowi selaku presiden. Namun, menurut dia, reshuffle kecil kemungkinan terjadi mengingat masa kerja menteri-menteri Jokowi baru 3 bulan lebih.

"Semuanya memang prerogatif presiden, tetapi saya kira terlalu dini untuk menyimpulkan adanya reshuffle hanya dalam hitungan 100 hari atau 3 bulan masa kerja para menteri itu," ucap Donny.

"Sejauh yang saya tahu, belum ada indikasi ke arah reshuffle. Sekali lagi, saya mau tegaskan di sini terlalu dini menyimpulkan adanya reshuffle dari 100 hari masa kerja menteri Kabinet Indonesia Maju," tegas Donny.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi disebut telah mengumpulkan para pendukungnya di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan itu, Jokowi disebut berbicara soal adanya reshuffle di Kabinet Indonesia Maju.

Isu reshuffle ini pertama kali disampaikan salah satu relawan Jokowi, Dede Budhyarto, melalui akun Twitter-nya yang bercentang biru, Jumat (21/2). Dalam akun Twitter-nya, Dede bercerita tentang pertemuannya dengan Jokowi di Istana Bogor bersama influencer hingga para artis pendukung Jokowi pada Selasa (18/2) lalu.

Dede mengatakan akan ada reshuffle di kabinet Jokowi. Dia pun mewanti-wanti menteri yang kinerjanya tak bagus.

"Pengen cerita hasil pertemuan dgn Presiden @jokowi, eh pulang dari Istana Bogor malah sakit. Intinya bakal ada resafel tunggu saja yah. Menteri yg kinerjanya ndak bagus klen bakalan dicukupkan," tulis Dede.

Tonton juga video Korupsi Menteri dan Isu Resuffle Kabinet:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/van)