Ada Anak Kecil Ikut di Mobil Komando Aksi, Ini Penjelasan PA 212

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 18:45 WIB
Ketua PA 212 Slamet Maarif
Ketua PA 212 Slamet Maarif (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Dalam pembukaan aksi 212 'Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI', ada seorang anak kecil yang ikut di atas mobil komando. Anak kecil itu pun membuka aksi dengan membaca Al-Qur'an.

Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif, mengatakan pihaknya tidak bermaksud mengikutsertakan anak kecil tersebut. Pihaknya hanya ingin menunjukkan keterampilan anak menghafal Al-Qur'an.

"Nggak ada, itu dibawa sama ayahnya untuk membaca Al-Qur'an saja," kata Slamet usai aksi 212 di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

"Ya itu kan hanya baca ayat Qur'an saja, kita ingin menunjukkan bahwa kita penting anak-anak kita itu untuk menghafal Qur'an. Kita tunjukkan anak usia 5 tahun untuk menghafal Al-Qur'an, Surat Ar-Rahman, mudah-mudahan menjadi motivasi agar anaknya lebih cinta Qur'an," lanjut Slamet.

Aksi 212Aksi 212 (Pradita Utama/detikcom)

Slamet menjelaskan, usai membaca Al-Qur'an, anak kecil itu langsung turun dan dibawa pulang oleh keluarganya. Oleh karena itu, dia menyebut anak kecil tersebut tidak ikut serta dalam aksi.

"Tapi ketika acara orasi berlangsung, anaknya sudah pulang. Jadi kita hanya fokus untuk membaca ayat Qur'an," katanya.

Dalam pantauan detikcom di lokasi aksi, beberapa anak memang terlihat ikut serta dalam aksi tersebut. Bahkan, saat dimulainya aksi pada pukul 13.50 WIB, seorang orator di atas mobil komando memanggil seorang anak yang berasal dari Tasikmalaya.

Anak itu dimintanya membacakan Surat Ar-Rahman. Sambil membacakan ayat suci tersebut, anak kecil itu digendong oleh kakaknya di atas mobil komando. Anak itu pun terdengar fasih melantunkan surat tersebut.

Usai pembacaan Surat Ar-Rahman, anak kecil itu meneriakkan takbir. Namun kalimat takbir terdengar dengan lafal 'takbil' karena anak itu cadel. Setelah itu, orator mengajak massa melantunkan doa Khatmil Quran bersama-sama. Aksi kemudian dimulai dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.

Massa Aksi 212 Mulai Orasi di Bundaran Patung Kuda:

[Gambas:Video 20detik]

(eva/azr)