KPAI: Bawa Anak Kecil di Aksi, Panitia 212 Harus Tanggung Jawab

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 17:47 WIB
Massa Aksi 212 mulai berdatangan. Mereka memenuhi kawasan Masjid Istiqlal hingga Monas.
Aksi 212 di Jl Medan Merdeka Barat (Pradita Utama, Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan adanya keterlibatan sejumlah anak di bawah umur dalam Aksi 212 di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. KPAI meminta panitia bertanggung jawab atas keselamatan anak-anak hingga selesai aksi dan pulang ke rumah masing-masing.

"Siapa pun yang membawa anak-anak, termasuk panitia, harus bertanggung jawab terhadap keselamatan anak-anak ini sampai pulang nanti harus dipastikan, jangan sampai ada yang telantar," kata Komisioner KPAI Jasra Putra kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Jasra Putra memantau langsung aktivitas anak-anak tersebut di lokasi aksi. Ia mendatangi lokasi aksi setelah mendapatkan foto-foto viral adanya keterlibatan anak-anak dalam aksi tersebut.

"Saya menyayangkan anak-anak dilibatkan dalam aksi. Seharusnya anak-anak tidak perlu diikutsertakan dalam aksi karena mereka sendiri tidak paham apa maksud aksi tersebut. Saya tanya ke beberapa anak-anak, mereka tidak tahu tujuan aksi ini untuk apa," jelas Jasra.

Di usianya yang masih kanak-kanak, selayaknya mereka mendapatkan hak-hak sebagai anak. Jasra Putra sendiri menemukan beberapa anak yang tidak mendapatkan hak-haknya.

Massa Aksi 212 Mulai Orasi di Bundaran Patung Kuda:

Selanjutnya
Halaman
1 2