Dirlantas Polda Metro Jaya Cek Lalin di Monas Jelang Aksi 212

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 12:35 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro menyambangi Pintu Barat Monas, Jakarta Pusat. Sambodo mengecek situasi lalu lintas menjelang Aksi 212.

Pantauan di Pintu Barat Monas, Jakarta Pusat, Sambodo dan rombongan tiba sekitar pukul 11.50 WIB, Jumat (21/2/2020). Sambodo kemudian berdialog dengan sejumlah polisi lalu lintas.

"Seperti kita ketahui bersama, siang ini ada rencana unjuk rasa dari Alumni 212 dan mereka akan mulai melaksanakan aksi nanti diperkirakan setelah jumatan," ujar Sambodo di lokasi.

Sambodo mengatakan massa aksi diperkirakan mencapai 2 ribu orang. Massa akan melakukan aksi di Pintu Barat Monas.

"Massa aksinya diperkirakan sekitar seribu sampai 2 ribu orang. Dan nanti massa akan berkumpul di putaran Simpang Monas Barat atau kita sebut Bundaran Indosat," ungkapnya.

Sambodo mengatakan pengalihan lalu lintas dilakukan secara situasional. Dia menyebut sejumlah ruas jalan sudah mulai ditutup sekitar pukul 11.30 WIB.

"Untuk pengalihan arusnya kita sifatnya situasional. Seperti hari ini mulai pukul 11.30 WIB sudah mulai ditutup," katanya.

Sebelumnya, jalan protokol yang mengarah ke Istana ditutup menjelang aksi 212. Penutupan jalan itu menggunakan pagar kawat berduri.

Dari pantauan pukul 11.30 WIB, Jumat (21/2), jalur yang ditutup merupakan Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya di depan gedung Kementerian Pariwisata. Arus kendaraan dari dan ke Istana pun ditutup.

Kendaraan bermotor pun dialihkan ke sejumlah jalur alternatif. Di sisi lain, petugas kepolisian sudah bersiap melakukan pengamanan. Sejumlah kendaraan taktis, seperti water cannon dan barracuda, tampak bersiaga.

Hingga siang ini, massa aksi belum tiba di Pintu Barat Monas. Sementara itu, mobil komando dan ambulans FPI sudah tiba di lokasi.

Simak Video "Jelang Aksi 212, Jalan Medan Merdeka Barat Ditutup"

[Gambas:Video 20detik]



(lir/azr)