Direkomendasikan PDIP Jadi Cabup Bulukumba, Tomy Satria Bangun Koalisi

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 11:07 WIB
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto (MN Abdurrahman/detikcom)
Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto (MN Abdurrahman/detikcom)
Makassar -

Usai mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP, bakal calon Vupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, segera membangun koalisi dengan partai-partai lain agar mencukupi syarat dukungan 8 kursi. Tomy, yang saat ini menjabat wakil bupati petahana, direkomendasikan PDIP berpasangan dengan Andi Makkasau.

Tomy mengaku, usai mendapat rekomendasi yang langsung diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, ia langsung melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain, seperti PKB, PKS, PBB, dan Hanura.

"Komunikasi politik kita makin intensifkan dengan partai-partai lain, hari ini dengan teman-teman di PKS dan PKB, masing-masing mereka punya 3 kursi Bulukumba," ujar Tomy saat ditemui detikcom, Jumat (21/2/2020).

Sementara itu, terkait arah dukungan partainya, Tomy, yang juga Ketua DPD NasDem Bulukumba, mengaku sudah berusaha dan berjuang untuk mengangkat marwah partai besutan Surya Paloh itu hingga menjadi pemenang Pileg 2019 dengan suara terbanyak di daerah yang berjulukan Butta Panrita Lopi tersebut.

"Sebelum menerima rekomendasi PDIP, saya sudah menemui Ketua DPW RMS (Rusdi Masse), beliau merespons positif, kalau pun nanti akhirnya NasDem mendukung kader atau orang lain, yang bisa saya katakan: saya telah berusaha, berjuang sehormat-hormatnya menjaga marwah partai," pungkas politikus berusia 45 tahun ini.

Sementara itu, calon wakil Tomy Andi Makkassau berlatar belakang pengusaha dan Direktur Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat di Bulukumba.

"Wakil saya pengusaha yang berbasis ekonomi kerakyatan, kita butuhkan keahliannya untuk memajukan ekonomi riil di Bulukumba," pungkas lulusan ilmu politik Unhas ini.

Simak Video "Resmi! Ini Calon Kepala Daerah yang Diusung PDIP di Pilkada 2020"

[Gambas:Video 20detik]



(mna/jbr)