Tanam Mangrove, Kapolri-Panglima TNI Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 10:55 WIB
Kapolri-Panglima TNI tanam mangrove dan sebar benih ikan di Tangerang, Banten
Kapolri-Panglima TNI tanam mangrove dan sebar benih ikan di Tangerang, Banten (Foto: Rahel Narda/detikcom)
Tangerang -

Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan penanaman mangrove dan penebaran benih ikan di Desa Ketapang, Banten. Idham mengatakan kegiatan tersebut juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Jadi kegiatan yang kita lakukan ini hanya simbolis saja di (Kecamatan) Mauk. Tapi seluruh Indonesia secara serentak TNI-Polri melaksanakan penanaman mangrove sejumlah 360.000 pohon dan penebaran ikan, udang, dan bandeng, nila," kata Idham di Desa Ketapang, Mauk, Tangerang, Banten, Jumat (21/2/2020).

Idham mengatakan kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan. Dia mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengajak masyarakat muda agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Kapolri-Panglima TNI tanam mangrove dan sebar benih ikan di Tangerang, BantenKapolri-Panglima TNI tanam mangrove dan sebar benih ikan di Tangerang, Banten Foto: Rahel Narda/detikcom

"Kita menstimulus kegiatan ini bersama Bapak Panglima sekaligus mengajak, mengimbau masyarakat generasi muda bahwa kepedulian terhadap lingkungan baik itu penghijauan, baik itu penanaman mangrove, baik itu penebaran benih ikan, udang, dan lain-lain itu merupakan tanggung jawab moral kita bersama untuk kita menyiapkan generasi kita yang lebih baik nanti ke depan," ujar Idham.

Sementara itu, Hadi mengatakan penanaman pohon mangrove memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup masyarakat. Hadi mengatakan ekosistem mangrove bisa menjaga pantai dan bermanfaat bagi nelayan.

"Penanaman bakau, mangrove, (pemyebaran) benih ikan memiliki peran penting. Tidak hanya terkait masyarakat nelayan di sini aja. Keberadaan hutan bakau yang baik, terpelihara ekosistemnya juga akan menjaga kehidupan pantai dan mempengaruhi masyarakat yang lebih luas," tutur Hadi.

Simak Juga Video "Kapolri: Kewenangan SIM, STNK Tetap di Tangan Polri"

[Gambas:Video 20detik]




(azr/azr)