Draf RUU Ketahanan Keluarga: Orang Tua Dilarang Merokok di Depan Anak

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 10:46 WIB
ilustrasi rokok tembakau
Foto ilustrasi dilarang merokok. (thinkstock)

f. beribadah untuk menurut agamanya, berpikir, dan berekspresi dalam bimbingan Orang Tua sesuai dengan tingkat kecerdasan, usia, fisik, dan psikis Anak.
g. mendapatkan pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai dengan kebutuhan usia, fisik, dan psikis Anak;
h. mendapatkan pelindungan dari bahaya rokok, pornografi, serta penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.
i. menyatakan dan didengarkan pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan;


j. mendapatkan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan minat dan bakat Anak;
k. mendapatkan standar hidup yang layak meliputi pengembangan fisik, spiritual, moral, mental dan sosial Anak; serta
l. beristirahat dan memanfaatkan waktu luang, bergaul bermain, rekreasi, berkreasi, dan berkegiatan sesuai dengan minat, bakat, tingkat kecerdasan, usia, fisik, dan psikis Anak.

Sebelumnya, Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi menjelaskan RUU Ketahanan Keluarga ini bersifat masih berupa draf usulan. Ada 5 Anggota DPR yang mengusulkannya. Mereka adalah Ledia Hanifa dan Netty Prasetiyani dari Fraksi PKS, Sodik Mudjahid dari Fraksi Partai Gerindra, Ali Taher dari Fraksi PAN, serta Endang Maria dari Fraksi Partai Golkar.

Fraksi Golkar mengaku kecolongan dan mencabut dukungan terhadap RUU Ketahanan Keluarga. Sedangkan Fraksi NasDem mengaku berbeda pandangan dengan apa yang dituangkan dalam draf RUU tersebut.

Halaman

(rdp/asp)