Peringati HPSN, Anies Minta Lingkungan Warga Bisa Kelola Sampah Mandiri

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 21 Feb 2020 09:06 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merayakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. Dia ingin lingkungan warga bisa mengelola sampah sendiri sebelum dibuang ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

Anies mendatangi Kampung Hijau Berseri RW 03 Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020). Wilayah itu menjadi salah satu lingkungan yang sudah mengelola sampah sendiri.

Dia mengapresiasi tindakan pengelolaan sampah di lingkungan warga. Baginya, sampah merupakan sisa pakai yang masih bisa diolah.

"Harus kita bangun perubahan mindset. Dalam semua kegiatan ada yang kita ambil (gunakan), ada yang sisa atau residu. Sisa bisa digunakan kembali. Pesannya kurangi, pilah, olah," kata Anies dalam sambutannya di lokasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom

Anies pun mengeluh sampah di Jakarta sekitar 7.600 ton per hari. Maka, dia menargetkan pengurangan 30 persen karena sampah dikelola di lingkungan terlebih dahulu.

"Target 30 persen bisa diolah di tempat itu. 30 persen diolah (di lingkungan warga), kita 70 persen diolah TPST," kata Anies.

(aik/azr)