Usulan Pemangkasan Kewenangan Polsek Dinilai Mengandung Dilema

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 19:41 WIB
Polsek Ngunut, Tulungagung
Foto: Ilustrasi Kantor Polsek
Jakarta -

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar kewenangan penyelidikan dan penyidikan di kepolisian sektor (Polsek) dipangkas. Unit kepolisian di tingkat kecamatan itu cukup menjalankan fungsi menjaga keamanan serta pengayoman.

Usulan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md yang juga Ketua Kompolnas saat menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (19/2/2020) kemarin.

"Polsek itu kalau bisa tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi dia bangun tertib dan nyaman, pengayoman ke masyarakat," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Seandainya terjadi persoalan, penyelesaiannya diutamakan melalui metode restorative justice (keadilan restoratif), pendekatan kekeluargaan, dan perdamaian. Namun jika ternyata kasusnya berat, akan ditangani unit kepolisian di tingkat kabupaten atau kota.

"Harapan kami dengan Polsek tidak lagi disibukkan dengan lidik dan sidik, maka Polsek akan lebih banyak waktunya untuk melayani, mengayomi, melindungi masyarakat," ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti menambahkan saat dihubungi Kamis (20/2/2020).

Simak Video "Viral Pemuda Mabuk Tantang Polisi di Depan Polsek Lau Maros"

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5