Banjir di Rawajati Capai 1 Meter, Warga Masih Bertahan di Rumah

Muhammad Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 17:01 WIB
Banjir di Rawajati (Muhammad Ilman Nafian/detikcom)
Banjir di Rawajati (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Debit air Sungai Ciliwung meningkat setelah beberapa wilayah Jakarta mengalami hujan deras pagi tadi. Akibatnya, rumah-rumah di daerah sekitar Sungai Ciliwung, termasuk di Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, dan Cawang, Jakarta Timur, yang hanya terpisahkan kali terendam.

Ketua Harian Squad Penanggulangan Bencana Indonesia, Bait, mengatakan ketinggian air yang merendam perumahan warga saat ini mencapai satu meter. Namun, kondisi tersebut dinilai masih aman.

"Sebetulnya sih masih terbilang normal, rumah juga nggak terlalu banyak, paling di pinggiran. Paling dalam ada yang kurang-lebih satu meter," ujar Bait saat berbincang dengan detikcom, Kamis (20/2/2020).

Menurut Bait, wilayah di Kelurahan Cawang jadi yang paling banyak terendam banjir, yakni di RW 3, 8, 2, 1, dan 5. "Rawajati di RW 7 ya. RW 7 doang," kata dia.

Meski rumah mereka terendam banjir, warga masih bertahan di dalam rumah masing-masing. Terlihat, seorang anak tengah asyik mengamati air banjir yang merendam rumahnya di lantai dasar.

Sementara itu, dia bersama orang tuanya berada di lantai dua. Mengamati banjir dari jendela rumahnya.

Kondisi tersebut juga tidak dipermasalahkan oleh petugas. "Ya mereka kan udah tahu, yang penting kita kasih imbauan status siaga II sekitaran Depok," kata Bait.

Saat ini petugas evakuasi masih terus berjaga di lokasi. Mereka menunggu arahan apabila diminta mengevakuasi warga.

(gbr/gbr)