28 RW Terendam Banjir di Jakarta, Paling Tinggi Cawang 80 Cm

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 15:41 WIB
banjir
Ilustrasi banjir di Jakarta. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 28 RW di Jakarta yang mengalami banjir. Lokasi paling tinggi terdapat di Cawang, Jakarta Timur, dengan ketinggian 80 cm.

"Terdapat 28 RW atau hanya 1% RW di DKI Jakarta terdampak banjir yang tersebar di 16 kelurahan dan 10 kecamatan dengan ketinggian banjir maksimal terjadi di Kelurahan Cawang, yang mencapai 80 cm," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Mohammad Insyaf, dalam keterangannya, Kamis (20/2/2020).

Insyaf bersyukur tidak ada korban sampai saat ini. "Tidak terdapat korban jiwa atau luka akibat dari banjir tersebut," ujarnya.

Menurut Insyaf, penyebab genangan adalah intensitas hujan tinggi di Jakarta dan sekitarnya pada malam sampai pagi hari ini. Curah hujan yang tinggi itu kemudian menyebabkan kenaikan status di Bendung Katulampa, Bogor.

"Dengan akumulasi curah hujan harian menurut data BMKG tertinggi terjadi di Gunung Mas, Bogor, dengan intensitas 120 mm/hari kategori sangat lebat menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa, Pos Pantau Depok dan Pos Pantau Pesanggrahan," kata Insyaf.

Antisipasi Banjir Kampung Pulo, Dinas SDA DKI Kosongkan Drainase:

Selanjutnya
Halaman
1 2