Bupati Sidoarjo Benarkan Ada Duit untuk Deltras, Pengacara Beri Penjelasan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 11:56 WIB
Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah kembali diperiksa KPK. Kali ini KPK mengambil sampel suara Saiful terkait kasus korupsi yang menjeratnya.
Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kuasa hukum Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Ilah, Samsul Huda, memberikan penjelasan soal penyataan kliennya terkait uang bantuan untuk klub sepak bola Deltras Sidoarjo dari kontraktor Ibnu Ghofur. Samsul mengatakan Ibnu Ghofur berniat membantu keuangan Deltras.

"Oleh karena itu, Bapak Syaiful Illah menolak jika diberitakan telah menerima sejumlah uang, karena tidak pernah meminta ataupun dijanjikan apapun oleh Ibnu Gofur atau siapapun. Setahu Bapak Syaiful Illah, Saudara Ibnu Gofur akan memberikan uang untuk kebutuhan Deltras (Klub Bola Sidoarjo)," kata Samsul Huda kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).



Meski demikian, ia mengatakan Saiful Ilah tidak pernah meminta dan selalu menolak jika ada pemberian uang atau hadiah dari pihak manapun terkait jabatannya. Namun jika memang ada pihak yang ingin membantu, Saiful Ilah menyarankan bantuan itu diberikan pihak yang lebih membutuhkan, salah satunya klub Deltras Sidoarjo.

"Jikapun ada yang akan membantu, Bapak Syaiful Illah menyarankan agar membantu kepada masyarakat/pihak yang lebih membutuhkan, salah satunya ke Deltras Sidoarjo," ujarnya.

Sebab, Samsul mengatakan Saiful Ilah selaku Bupati Sidoarjo merasa punya kewajiban moral untuk menyelamatkan keuangan klub kebanggaan warga Sidoarjo itu. Menurut Samsul, Saiful Ilah juga penah menyatakan akan membantu keuangan Deltras dengan uang pribadi meskipun merugi.

"Terkait dengan Deltras, Bapak Syaiful Illah merasa punya kewajiban moral untuk menyelamatkan klub bola tersebut, di tengah kondisi klub yang memprihatinkan. Deltras adalah kebanggaan dan hiburan masyarakat Sidoarjo, sehingga harus diselamatkan. Dapat ditelusuri dalam jejak digital, bahwa jauh-jauh hari (tahun lalu) saat mendapatkan keluhan atau tuntutan dari supporter Deltras Mania, Bapak Syaiful Illah menegaskan tidak akan menggunakan dana APBD, dan akan membantu Deltras dengan uang pribadi meski harus 'tekor'," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2