3 Anak di Banda Aceh Nekat Curi Elpiji 3 Kg untuk Jajan

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 10:51 WIB
Seiring dengan isu pencabutan subsidi gas LPG 3Kg, Pertamina menyiapkan tim khusus. Tim ini akan melakukan pengawasan terhadap ketersediaan gas LPG 3 Kg.
Foto: Antara Foto
Banda Aceh -

Tiga anak di bawah umur di Banda Aceh, Aceh ditangkap karena mencuri 14 tabung gas elpiji 3 kilogram. Pelaku nekat nyolong untuk uang jajan.

"Uang hasil penjualan tabung elpiji dipergunakan untuk makan dan perbaiki kendaraan," kata Kapolsek Kuta Alam Iptu Miftahuda Dizha Fezuono kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Aksi pencurian oleh ketiga pelaku berusia 15, 16 dan 18 tahun ini berawal saat korban meletakkan tabung gas elpiji di samping sebuah salon di Gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam. Korban sengaja menaruh tabung di sana agar pagi harinya dapat membeli gas elpiji.

Namun ketika hendak diambil pada Rabu (12/2) pagi, tabung gas sudah raib. Ketujuh pemilik 14 tabung elpiji kemudian membuat laporan ke Polsek Kuta Alam.

Polisi turun tangan menyelidiki identitas pelaku. Ketiganya akhirnya dibekuk di tiga lokasi pada Jumat (14/2) kemarin. Usai diciduk, para pelaku yang masih anak-anak diboyong ke Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan.

Menurut Dizha, para pelaku mengambil tabung gas secara bertahap yaitu pertama empat tabung, kedua sebanyak enam tabung elpiji serta terakhir empat tabung. Mereka mencuri menggunakan motor.

"Personel bekerja ekstra sehingga membuahkan hasil, namun setelah dilakukan penangkapan, ternyata pelakunya anak di bawah umur," sebut Dizha.

Polisi sudah berkoordinasi dengan Bapas dan LPKS Banda Aceh untuk menangani pelaku anak. Mereka akan mendapatkan konseling dan pendampingan selama pemeriksaan.

"Untuk tersangka berusia 15 dan 16 tahun selama penyidikan ditempatkan di LPKS. Sementara yang berusia 18 tahun tetap berada di ruang tahanan Polsek Kuta Alam," ujarnya.

(zlf/zlf)