1 Korban Kapal Muatan Pasir Terbalik di Perairan Kepri Ditemukan Tewas

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 19:29 WIB
Pencarian korban kapal tenggelam di Kepulauan Riau. (Agus Siswanto Siagian/detikcom)
Foto: Pencarian korban kapal tenggelam di Kepulauan Riau. (Agus Siswanto Siagian/detikcom)
Jakarta -

Tim SAR Polairud Polda Riau akhirnya menemukan satu korban tenggelam di perairan Batam. Korban ditemukan dalam keadaan tewas.

"Awalnya ada 4 orang yang tenggelam di kapal pancung tersebut. Tiga orang lebih dulu ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim. Belakangan satu korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt, dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Rabu (19/2/2020).

Harry menjelaskan korban yang tewas atas nama Yanto (30) yang sebelumnya dinyatakan hilang. Korban tenggelam di perairan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Batam.

"Dari keterangan para saksi yang selamat, bahwa korban tidak bisa berenang. Korban selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara Polda Kepri untuk dilakukan visum," kata Harry.

Sebagaimana diketahui, kapal pancung yang membawa pasir 3 kubik tenggelam. Di atas kapal bermesin 15 PK ini ada empat orang. Mereka adalah, Samsudin (40) sebagai nakhoda. Selanjutnya tiga orang ABK yakni Nuar (20), Juli (30), dan Yanto.

Mendapat informasi adanya kapal tenggelam, tim SAR Polda Riau segera menuju lokasi. Dalam pencarian yang dilakukan, tiga ABK berhasil diselamatkan dalam keadaan hidup.

Kapal sarat pasir ini diduga tenggelam karena terhempas ombak di posisi belakang. Kapal ini bertolak dari pelabuhan PT Pandan Bahari akan menuju ke Pulau Gara Kecamatan Belakang Padang.

(cha/jbr)