Round-Up

Bisik-bisik Sayembara Hadiah HP, Buronan KPK Sembunyi di Apartemen Elite

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 08:11 WIB
Sekjen Mahkamah Agung (MA) Nurhadi
Buronan KPK Nurhadi yang merupakan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pembuat sayembara kebanjiran informasi soal pencarian buronan KPK. Namun salah satu bisik-bisik yang didengar menyebutkan bila buronan itu masih ada di Ibu Kota.

Sayembara itu awalnya muncul dari Boyamin Saiman yang merupakan koordinator lembaga swadaya masyarakat (LSM) bernama Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI). Dia menyediakan hadiah berupa iPhone 11 bagi siapapun yang memberikan informasi terkait keberadaan buronan KPK.

Setidaknya informasi itu diberikan berkaitan dengan 2 nama yang mentereng berstatus buron KPK yaitu Harun Masiku dan Nurhadi. Harun Masiku merupakan mantan caleg PDIP yang tersangkut kasus suap terkait pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR, sedangkan Nurhadi adalah mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) yang terjerat kasus mafia hukum.

"Hadiah tersebut berlaku selamanya dan tidak terbatas, termasuk informasi yang berasal dari aparat penegak hukum dan wartawan," kata Boyamin.

Atas adanya sayembara itu, KPK memberikan respons positif. Namun KPK tetap berpegang pada bantuan polisi serta kekuatan KPK sendiri untuk memburu buronannya itu.

"Kami menghargai partisipasi publik untuk bersama-sama mencari keberadaan tersangka Harun Masiku (DPO)," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

"Hingga saat ini KPK tetap berkomitmen bersama dengan pihak kepolisian untuk segera menemukan keberadaan dan menangkap yang bersangkutan," imbuh Ali.

Selanjutnya
Halaman
1 2